Sejarah Mitsubishi Lancer
sumber gambar: www.wordplop.com |
Mitsubishi Lancer generasi pertama
Generasi
Lancer pertama adalah merupakan mobil yang dibuat dengan dua pintu.
Pada saat selanjunya disempurnakan menjadi empat dan lima pintu untuk
station wagon. Generas ini ini memiliki beberapa nama yang berbeda,
diantaranya adalah Chrysler Valiant Lancer, Dodge Colt dan Dodge Lancer.
Produksi generasi pertama ini terjadi pada tahun 1973 hingga 1979.
Kerangka yang digunakan pada Mitsubishi Lancer generasi pertama ini
masih menggunakan tipe subkompak. Adalah Shinichi Yamamura dan Munechika
Namba yang mendesain Mitsubishi Lancer generasi pertama ini. Berat
kosong mencapai 832 Kg dengan kapasitas bahan bakar mencapai 45 liter.
Dimensi mobil ini memiliki panjang 3,981 meter dan lebar 1,524 meter.
Tinggi mobil ini pada keadaan kosong adalah 1,362 meter. Pada masa itu,
Mitsubishi Lancer generasi pertama langsung sukses dipacu dalam event
Rally Dunia atau WRC.
Selain
sebagai ajang unjuk kekuatan pabrikan Mitsubishi, Lancer dalam pangsa
pasar digunakan untuk mengisi sisi kosong dimensi mobil keluaran
Mitsubishi kala itu. Produk Mitsubishi ada Minica yang berukuran sangat
kecil, dianggap sebagai city car. Sedangkan di sisi lain ada Mitsubishi
Galant yang berukuran besar dan panjang. Mitsubishi Lancer 1973 ini
memiliki mesin dengan kapasitas antara 1,2 Liter hingga 2,0 liter.
Setelah dua tahun menuai sukses di pasar, Mitsubishi meluncurkan produk
baru yang masih masuk dalam keluarga Lancer generasi pertama yakni
Mitsubishi Lancer Celeste. Bentuknya memang sama dengan Lancer 1973,
namun di bagian belakang mobil ini memiliki hacthback. Mobil ini dijual
dengan nama yang berbeda seperti Dodge, Chrysler dan Plymouth.
Mitsubishi Lancer generasi kedua
Mitsubishi
tentu saja tidak akan berhenti dengan kesuksesan pada generasi pertama.
Maka dari itu pada tahun 1979, Mitsubishi motor membuat gebrakan dengan
meluncurkan Mitsubishi Lancer EX. Mobil yang baru ini sudah menggunakan
system MCA-JET yang menggantikan fungsi karburator. Mobil Mitsubishi
Lancer EX ini memiliki pembakaran yang lebih sempurna dan tenaga yang
lebih besar berkat sistem baru MCA-JET ini. MCA merupakan singkatan dari
Mitsubishi Clean Air menunjukkan bahwa mobil ini memiliki emisi gas
buang yang sangat rendah dan sudah diuji di Jepang dan Amerika Utara.
Kelebihan pada mobil ini bertambah dengan hadirnya teknologi Silent Shaf
Technology yang dapat mengurangi kebisingan dan getaran mesin sehingga
sangat nyaman digunakan.
Mobil
ini juga dipasarkan di Eropa, selain Jepang dan Amerika Utara. Mobil
ini bernama Lancer EX 2000 turbo dengan mesin 4G68 dengan kapasitas 2000
cc empat silinder. Spesifikasi ini tentu tidak mengherankan jika mampu
melaju dengan kecepatan maksimum 201 km/jam dengan tenaga sebesar 168 HP
atau 125 kW. Teknologi terbaru yang dipasang dalam Lancer EX 2000 turbo
adalah ECI atau Electronic Controlled Fuel Injection. Sistem ini
menjadikan mobil tetap hemat bahan bakar walaupun dipacu dalam kecepatan
tinggi.
Mitsubishi
Lancer generasi kedua yang menjadi kebanggaan Mitsubishi kala itu
didesain oleh Aldo Sessano dan Rakuzo Mitamura. Masa produksinya antara
tahun 1979 hingga 1988. Kerangka dasarnya adalah sedan dengan empat
pintu serta memiliki tiga pilihan transmisi, yakni 4 percepatan manual, 5
percepatan manual dan transmisi kecepatan otomatis pada tipe 1400 dan
1600 GL atau XL dan 1800 SE. Dimensi mobil ini memiliki panjang 4,230
meter, lebar 1,620 meter dan tinggi 1,380 meter. Berat kosong mobil
mencapai 1170 hingga 1295 kg, dengan kapasitas bahan bakar 50 liter.
Mitsubishi Lancer generasi ketiga
Pada
tahun 1983, diluncurkan mobil generasi ketiga Mitsubishi Lancer. Mobil
ini diberi nama Lancer Fiore. Di Australia, Lancer Fiore ini dijual
dengan nama Colt Sedan. Sedangkan di beberapa negara tetap menggunakan
nama Lancer. Dasar desain mobil ini mirip dengan Mitsubishi Mirage. Masa
produksi mobil ini adalah antara tahun 1983 hingga tahun 1987. Desain
mobil ini adalah sedan dengan 4 pintu atau hatchback dan station wagon
dengan 5 pintu. Daya penggerak mesin menggunakan roda depan dan
penggerak empat roda (4WD). Ada tiga pilihan mesin untuk mobil
Mitsubishi Lancer Fiore, yakni 1.5 L I4, 1.6 L I4 Turbo dan 1.8 L I4
Diesel.
Mitsubishi Lancer generasi keempat
Generasi
keempat Mitsubishi lancer diluncurkan tidak lama setelah peluncuran
generasi ketiganya. Yakni saat produksi generasi ketiga Lancer masih
berjalan pada tahun 1985. Perubahan yang ada pada generasi ini terletak
pada mesin yang menjadi 1.6 L Turbocharger yang sudah dilengkapi dengan
EFI (Electronic Fuel Injection). Dengan sistem mesin ini, maka Lancer
generasi keempat dapat menghasilkan tenaga sebesar 120 hp. Selain tipe
sedan, generasi Lancer keempat juga memiliki tipe station wagon yang
dipasarkan berdampingan. Nama yang diberikan untuk produk ini adalah
Mirage Station Wagon dengan penggerak dua roda atau empat roda.
Mitsubishi Lancer generasi kelima
Evolusi
dari Mitsubishi Lancer tidak berhenti, ditandai dengan pada tahun 1988
muncul generasi kelima dengan platform hatchback dengan 3 pintu dan 5
pintu dan juga sedan dengan model 4 pintu. Mobil ini didesain oleh
Masaru Furukawa dan Yasukichi Akamatsu. Jenis generasi Mitsubishi kelima
ini masih mempertahankan opsi penggerak dua roda dan empat roda.
Mitsubishi Lancer generasi keenam
Setelah
empat tahun bertahan dengan generasi kelima, Mitsubishi Lancer
berevolusi dengan generasi kelima yang diproduksi pada tahun 1992 hingga
1996. Mobil ini diberi nama Mitsubishi Lancer Sedan. Mobil ini
menggunakan desain 2 pintu untuk coupe, 4 pintu untuk sedan dan 5 pintu
untuk station wagon. Tidak ada perubahan yang drastis kecuali pada bodi
mobil. Hanya mesinnya saja yang beranjak dari SOHC menjadi DOHC serta
adanya pilihan mesin Diesel Turbo. Mengenai transmisi, masih tetap sama
yakni 3 percepatan otomatis, 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan
manual.
Mitsubishi Lancer generasi ketujuh
Mobil
ini diproduksi mulai tahun 1995 hingga tahun 2005, mobil ini meneruskan
tradisi Mitsubishi Lancer sebelumnya yang memiliki masa produksi
panjang. Mitsubishi Lancer ini dikenal sebagai Lancer Evolution di
seluruh dunia dan memiliki nama Mitsubishi Signo di Venezuela. Kiprahnya
di WRC (World Rally Championship) memang tidak diragukan. Dalam 10
tahun tersebut ada beberapa nama yang menjadi juara dunia dengan
menunggangi Mitsubishi Lancer generasi ketujuh jenis sedan.
Mobil
ini sebenarnya memiliki kerangka dasar yang hampir sama dengan generasi
sebelumnya. Ada jenis coupe 2 pintu, sedan 4 pintu dan station wagon
dengan 4 pintu. Mengenai sistem penggerak, Mitsubishi Lancer masih
mempertahankan pilhan untuk penggerak dua roda depan dan penggerak empat
roda. Ada tiga jenis pilihan mesin, yakni 1.5 L SOHC I4, 1.8 L SOHC I4,
dan 1.8 L DOHC Turbo I4. Perbedaan dengan generasi sebelumnya adalah
adanya transmisi semi otomatis yang terpasang dalam mobil. Pilihan
transmisinya adalah 4-percepatan otomatis, 4-percepatan semi-otomatis,
dan 5-percepatan manual.
Mitsubishi Lancer generasi kedelapan
Mobil
ini mengikuti sukses generasi sebelumnya, diproduksi pada tahun 2006
hingga 2008. Bentuk kerangka dasarnya tidak banyak berubah, hampir sama
dengan generasi sebelumnya yakni sedan 4 pintu dan station wagon 4
pintu. Mobil ini juga memiliki nama lain, yakni Mitsubishi Lancer
Classic di Rusia. Untuk pilihan mesin, ada banyak sekali alternatifnya,
yakni diantaranya 4G13 1.3 L SOHC I4, 4G18 1.6 L SOHC I4, 4G93 1.8 L
DOHC I4, 4G93 1.8 L DOHC I4 GDI Turbo, 4G94 2.0 L SOHC I4I4, 4G63 2.0 L
DOHC I4, dan juga 4G69 2.4 L SOHC MIVEC I4. Sedangkan untuk transmisi
percepatan terdiri dari 4-percepatan otomatis, 4-percepatan
semi-otomatis, dan juga 5-percepatan manual.
Mitsubishi Lancer generasi kesembilan
Mobil
ini pertama kali diproduksi pada tahun 2007 dan masih terus diproduksi
hingga saat ini. Mobil ini memiliki cukup banyak nama di berbagai
negara, diantaranya adalah Galant Fortis di Jepang, Lancer Fortis di
Taiwan, Lancer EX di Thailand, Hongkong, Singapura dan Filipina, serta
Lancer Serie R di Chili. Setelah melalui berbagai macam penyempurnaan,
Mitsubishi belum mengeluarkan lagi versi yang lebih baru dari generasi
kesembilan ini. Di dunia, mobil ini dikenal dengan nama Mitsubishi
Lancer Evo 9 yang terkenal di lintasan WRC (Rally Dunia) dan juga Rally
Dakkar.
Pilihan
mesin masih sama seperti generasi pendahulunya, dengan transmisi 5
percepatan manual, INVECS-III CVT otomatis, INVECS –II 4 percepatan
otomatis serta 6 percepatan twin clutch transmission. Transmisi yang
dimiliki membuat mobil ini memiliki akselerasi yang tinggi dan handal.
Itulah sebabnya mobil ini sangat diperhitungkan dalam ajang rally apapun
karena body yang stabil dan akselerasi yang mumpuni. Dari tahun ke
tahun, Mitsubishi memang selalu konsisten menyempurnakan Lancer sesuai
perkembangan teknologi. Memang tak salah jika Lancer ini disebut sebagai
mobil legendaris dari Mitsubishi. (iwan)
Sumber: http://ridwanaz.com
0 komentar:
Posting Komentar